Sabtu, 27 November 2010

Ketegangan Korea Mempengaruhi Ekonomi

Artikel kali ini ingin memberikan komentar terhadap tiga buah berita yang diterbitkan oleh situs http://www.channelnewsasia.com/ . Ketiga berita itu adalah: South Korea officials try to ease market worries , Korea crisis shakes Asian markets , Korea tensions hit oil prices . Komentar kali ini hanya dibatasi untuk pembahasan di wilayah ekonomi, dan tidak menyampaikan pembahasan di wilayah politik. Berdasarkan berita di atas, sejak terjadinya penembakan altileri oleh korea utara ke wilayah korea selatan, maka terjadi respon di pasar modal & dunia investasi. Terutama di bursa dalam negeri korea selatan.


Disini terlihat bahwa negara yang wilayah nya tidak terlalu besar saja seperti Korea Selatan, mampu mempengaruhi perekonomian dunia. Para pelaku pasar modal mulai khawatir terhadap adanya bahaya investasi di korea selatan. Kekhawatiran ini bahkan juga turut memperhitungkan apa yang akan terjadi terhadap negara-negara yang terletak di sekitar Korea Selatan, yaitu China & Jepang. Ada kekhawatiran akan adanya perlambatan aktivitas ekonomi di kawasan tersebut. Sampai-sampai kekhawatiran ini pun mampu mempengaruhi harga minyak dunia. Padahal Korea selatan bukanlah termasuk negara penghasil minyak yang cukup besar di dunia.


Dalam kepanikan ini, terlihat para investor mencari posisi aman dengan menaruh uangnya dalam dollar amerika. Seperti yang diberitakan pula amerika serikat telah menyiagakan kapal militer nya disekitar Korea. Akankah amerika serikat juga melibatkan diri dalam urusan ini? Di satu sisi kejadian ini menguntungkan amerika serikat, dikarenakan para investor mengambil posisi aman dengan mengalihkan uang mereka ke dollar amerika. Namun juga seperti pengalaman di keterlibatan Amerika Serikat di timur tengah & afganistan, dalam jangka panjang kejadian seperti ini juga akan membebani anggaran dalam negeri Amerika Serikat, dikarenakan meningkatnya biaya untuk belanja keperluan militer.


Di zaman teknologi informasi seperti saat ini, memang perekonomian global gampang sekali tergoncang oleh berita yang berasal dari suatu kawasan, akibat berita tersebut bisa saja bukannya menambah kebaikan bagi kawasan tersebut maupun kawasan-kawasan di sekitarnya, namun bisa saja malah merugikan pertumbuhan ekonomi di kawasan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Komentar