Minggu, 28 November 2010

Crowdsourcing

Baru saja membaca sebuah artikel dari situs http://mashable.com/  dengan judul How Investigative Journalism Is Prospering in the Age of Social Media . Di artikel ini dijelaskan bagaimana membangun sebuah penelitian untuk membuat sebuah berita menggunakan kekuatan massa di internet. Sehingga media sosial seperti Twitter & Facebook dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi dari masyarakat.


Memang di era sosial media seperti sekarang ini, seringkali kejadian-kejadian yang terjadi di muka bumi ini bisa lebih cepat diketahui melalui sosial media, ketimbang jika kita mencoba mengetahuinya melalui televisi, radio, atau koran. Berita atau informasi yang disajikan di sosial media biasanya langsung berasal dari masyarakat yang memang berada di tempat kejadian.


Sosial media juga mampu digunakan untuk mengumpulkan informasi dari berbagai orang dengan sudut pandang/keahlian  yang berbeda-beda. Sehingga hal ini dapat memperluas wawasan para jurnalis yang melakukan peliputan berita. Serta memudahkan mereka untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber.


Bagi keperluan pribadi menurut saya layanan ini juga berguna, misalnya untuk bisa memantau kondisi teman-teman yang berada jauh di pulau lainnya. Bagi para blogger pun bisa sangat berguna, karena para blogger jadi mempunyai banyak narasumber. Hal-hal yang tidak bisa kita ketahui tentang dunia di luar wilayah kita bisa kita dapatkan melalui berbagai info yang dikirimkan oleh orang lain.


Data atau informasi tersebut bisa pula ditampilkan & diorganisasikan dalam bentuk peta, misalnya menggunakan Google Maps. Hal ini bisa juga menggunakan layanan berbasis lokasi seperti misalnya Foursquare. Sehingga bisa dilihat data berdasarkan pada lokasi geografis nya. Sehingga di zaman ini kita bisa serasa memiliki kantor berita sendiri.


Ide crowsourcing bisa juga dimanfaatkan untuk mengerjakan sebuah proyek. Kita bisa memanggil orang-orang dengan keahlian-keahlian yang kita butuhkan, untuk bersama-sama menyelesaikan proyek yang kita gagas. Sehingga terjadi tukar menukar ide yang bisa berlangsung sangat cepat.


Yang menarik pula adalah akan munculnya situs-situs yang bisa mengintegrasikan berbagai sumber berita dari berbagai media sosial yang berbeda, yang nanti nya kita bisa membundel berita-berita tersebut, memberi nya judul & kemudian memberikan ulasan atau komentar terhadap berita itu.


Semua tool telah tersedia sekarang tinggal kita bagaimana memanfaatkan & terus mempelajari nya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Komentar